Rabu, 27 Oktober 2010

Mandiri

habis baca satu sms seseorang, gw langsung terbesit u/ menulis ttg kemandirian..

hmm' mungkin kah kemandirian berawal dari kesendirian..??
mungkinkah seseorang yg tdk tinggal sendirian bisa menjadi mandiri?
mungkinkah mandiri bisa muncul dalam diri saya...?
atau mungkinkah saya sebenarnya sudah mandiri? #apasih #makingakjelas

oke...saya sebal dengan nyamuk. asap rokok. laba-laba dan debu ~*oo...
dan saya pun sangat sebal dengan kesendirian...
yah walaupun saya sering ditinggal sendiri...tpi kalau dalam waktu yg lama saya sendirian..rasanya entah mengapa saya bisa sedih.
saya senang berada dalam keramaian
yah atau setidaknya ada beberapa teman yg bisa saling share, bertukar pikiran.

nah kalau dipikir-pikir. dihubungkan dengan analogi di atas. apakah saya bisa menjadi seorang yang mandiri?

apa sih definisi mandiri?
terus terang saya adalah gadis yg manja. saya suka diperhatikan di sayang dan tentuu di manja.
lalu..apakah saya menjadi tidak mandiri karena memiliki sifat manja tersebut?
apakah manja adalah kebalikan dari sifat mandiri~* (ohh no jika memang iya, karena saya ingin tetap bisa bermanja ria, namun tetap bisa mandiri dan dapat diandalkan #jiee )

nii berikut definisi dari mandiri dan manja menurut KBBI:
mandiri adl keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pd orang lain.
manja adl 1.kurang baik adat kelakuannya krn selalu diberi hati, tidak pernah ditegur (dimarahi), diturut semua kehendaknya,
2. mesra (kpd); sangat kasih (kpd)

hmm....klu menurut KBBI sih memang bertolak belakang..
tpi bagaimana kalau seseorang hanya manja pada saat2 tertentu. dan bisa mandiri pada saat yg dibutuhkan juga.
dan bagaimana kalau sebenarnya si dia yang disangka manja itu sebenernya ga manja, hanyaa..Alhamdulillah dia terfasilitasi dengan baik, misal: ga perlu nyuci piring sendiri karena ada yg nyuciin (pembantu) padahal dia biasa loh nyuci piring klu di rumah temennya. atau. ga pernah naik angkot atau bus karena memang ada yg nganter jemput (krn orang tuanya uda hire driver mungkin?)
tapi dia saat teman2nya kesulitan, slalu berusaha membantunya, begitu juga saat ia diberi tanggung jawab atau tugas. waah tingkat responsibility nya tinggi bgt loh. dia juga peka dan peduli pada lingkungan skitar.
nah kalau dengan karakteristik diatas tsbt. apakah anak tersebut masih dianggap tidak baik juga? ~yeah masi ga mandiri gitu..?~

oke..baiklah..seandainya memang dia masih tidak masuk kriteria mandiri. apakah dia juga langsung dapat di judge tidak dewasa?
tapi task commitment dia tinggi loh...dia juga mampu mengendalikan emosi dgn baik.
nah..jika ya dia cukup dewasa. berati tidak ada korelasi antara Kedewasaan dengan mandiri dong?
seorang yg mandiri belum tentu bisa menahan emosi.
seorang yg dewasa , tentu harus bisa menahan emosi dong,,,

yeah....
oke kita balik lagi..
jd dalam tulisan ini..izinkanlah saya untuk berbicara dari hati ke hati dengan anda...
~seseorang dapat saja memiliki sifat Mandiri, Dewasa, Manja bersamaan dalam satu tubuh. betul bukan begitu??
ya..karena
1. dia dibilang manja karena dia terfasilitasi dengan baik, sehingga ia terlihat seperti anak manja.
2. dia dibilang Dewasa, karena dia bertanggung jawab atas tugas2nya, kepercayaan yg telah diberikan kepadanya, mampu mengendalika emosinya, mampu menempatkan diri dengan baik,dst
3. tapi dia tetap madiri karena saat tidak tersedia fasilitas, dia mampu untuk tetap survive, dan enjoy their condition..


:) .......
belum tentu seseorng yg manja itu PASTI TIDAK MANDIRI dan tidak dewasa kan.....? ^^

dan malah bisa saja orang yg mandiri tapi bisa saja tidak dewasa :)

dudes...berhati-hatilah dalam berasumsi...bertuturkata..dan bertingkahlaku..apalagi kalu sampai menyakiti hati orang lain....
tentu kita sendiri juga tidak mau untuk disakiti, toh? ;)


"yah..semuga kita tidak termasuk org yg mudah berprasangka....amin"

:) :)

ayoo biasakan untuk zero mind process :))

InsyaAllah hidup akan lebih bahagia :D



cheerss :D

*~pelukcium~*

tyas wahyuningtyas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar